Tugas Review Software SIG
DosenPengampuh :
M. Ali Murtadho, S.Kom, M.Kom



Oleh :
Aji Darma Ramadhan (4115099) C

PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG
2019


Salah satu software GIS yang berbayar adalah ArcView.

Arcview merupakan salah satu perangkat lunak GIS yang populer dan paling banyak digunakan untuk mengelola data spasial. Arcview dibuat oleh ESRI (Environmental Systems Research Institute). Dengan Arcview kita dengan mudah dapat mengelola data, menganalisa dan membuat peta serta laporan yang berkaitan dengan data spasial bereferensi geografis.
Beberapa kelebihan Arc View antara lain :
1.      Memiliki kemampuan untuk berhubungan dan berkerja dengan bantuan extensions seperti Spasial Analyst, Edit Tools v3.1, Geoprocessing, JPGE (JFIF) Image Support, Legend Tool, Projection Utility Wizard, Register and Transform Tool dan XTools Extensions.
2.       Mudah di-costumize sehingga dapat menampilkan data/ keluaran yang sesuai dengan keinginan user.
3.      Operasinya menggunakan, membaca dan mengolah data dalam format Shapefile, selain itu ArcView jaga dapat memanggil data-data dengan format BSQ, BIL, BIP, JPEG, TIFF, BMP, GeoTIFF atau data grid yang berasal dari ARC/INFO serta banyak lagi data-data lainnya.
4.       Data dalam database pada Arc View GIS berbentuk tabular dan mampu dibaca pada Microsoft Access, dBASE, FoxPro, ASCII, INFO, SQL, Open Database Connectivity (ODBC), dan SAP R/3 databases.
5.       Hasil pekerjaan dan mapping dapat di transfer ke berbagai macam integrasi sistem pendukung seperti JPG Tiff dan Gif.
6.       Data yang dapat di Integrasikan dengan sistem Arc View : ESRI shape files, ArcInfo coverages, ArcInfo dynamic, segmentation coverages, Route systems, PC ARC/INFO coverages, AutoCAD (DXF and DWG), MicroStation (DGN and MSG), TIFF 6.0 (including GeoTIFF), VPF, ADRG, CADRG, CIB, NITF, MrSID (.sid), JPEG (JFIF), ERDAS IMAGINE, ERDAS LAN and GIS, BSQ, BIL, BIP, SunRaster i les, BMP, GRID (asimage data), DIGEST (ASRP 1.1 and 1.2 and USRP 1.2 and 1.3), Access spatial data in a relational database management system (DBMS) ArcSDE with Spatial Database Engine (SDE), atau Oracle Spatial Data Option (SDO) with SDE.
7.       Melakukan exporting data yang bisa di baca dalam berbagai macam fasilitas software lainnya antara lain Write/Export data to : ESRI shapei les, DXF, placeable WMF, Windows metai le, Windows bit map, PostScript, CGM (binary, character, clear text), and JPEG. Extended data support from optional ArcView GIS extensionsTIN, GRID (as raster data), DOQ, IRS1C, Landsat TM, RPF, SPOT, and GeoSPOT.
8.       Kemampuan untuk menampilkan citra tersebut ke dalam media nya, dengan menyediakan ekstension khusus untuk menampilkan seperti Imagine Image support dan image analysis.
9.       ArcView dapat melakukan pertukaran data, operasi – operasi matematik, menampilkan informasi spasial maupun atribut secara bersamaan, membuat peta tematik, menyediakan bahasa pemograman (script) serta melakukan fungsi-fungsi khusus lainnya dengan bantuan extensions seperti spasial analyst dan image analyst (ESRI).
Sebagai perbandingan, salah satu software GIS yang bersifat open Source adalah Grass,
Geographic Resources Analysis Support System, biasa disebut dengan GRASS, adalah sebuah Sistem Informasi Geografis (GIS) yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis data geospasial, juga untuk pengolahan citra, pembuatan gambar/peta, pemodelan spasial dan visualisasi data geospasial
Beberapa kelebihannya Grass adalah :
1.       GRASS dapat dijalankan dalam platform seperti : GNU/Linux (Intel, PowerPC, Sun), Solaris (SPARC, i86), SGI IRIX, HP UX, Mac OS X (Darwin), IBM AIX, BSD-Unix variants, FreeBSD, CRAY Unicos, iPAQ/Linux handhelds and other UNIX compliant platforms (32/64bit), additionally MS-Windows native atau Cygnus.
2.      Didukung oleh banyak jenis database seperti; DBF, SQLite, PostgreSQL RDBMS, MySQL RDBMS, UnixODBC. (PostgreSQL danOracle).
3.      Import dan Export data raster dalam bentuk 2D, 3D dan topological vector data (2D and 3D).
4.       Didukung oleh arsitektur hardware seperti : Intel x86, Motorola PPC, SGI MIPS, Sun SPARC, Alpha AXP, HP PA-RISC dan CRAY.
5.       Mendukung raster: ASCII, ARC/GRID, E00, GIF, GMT, TIF, PNG, ERDAS LAN, Vis5D, SURFER (.grd).
6.       Dapat membaca format gambar seperti : Images: CEOS (SAR, SRTM, LANDSAT7 etc.), ERDAS LAN, HDF, LANDSAT TM/MSS, NHAP aerial photos, SAR dan SPOT.
7.       Vector: ASCII, ARC/INFO ungenerate, ARC/INFO E00, ArcView SHAPE (with topology correction), BIL, DLG (U.S.), DXF, DXF3D, GMT, GPS-ASCII, USGS-DEM, IDRISI, MOSS, MapInfo MIF, TIGER dan VRML.
8.       Analisis Spasial, Peta Generasi dan Visualisasi data (2D, 2.5D dan 3D).

Comments

Popular Posts